Minggu, 27 Februari 2011

Pengantar Filsafat

MATA KULIAH FISAFAT ISLAM-PERTEMUAN KE-1(9 Februari 2011)
A.Pengetahuan
Pengetahuan adalah objek yang diserap oleh panca indera, pikiran, maupun intuisi/hati/perasaan yang dibahasakan dapat melalui bahasa verbal maupun nonverbal/isyarat.
Pengetahuan adalah apapun yang kita ketahui.



Perbedaan pengetahuan melalui panca indera, pikiran, maupun intuisi adalah sebagai berikut:
Panca indera
terbatas, perspekif, Jarak pandang objek mudah diukur melalui percobaan, Hasil pasti/eksak, Metode ilmiah, dan Objek empiris (terlihat indera)
pikiran
rumit, Tidak perlu dibuktikan, Tidak empiris, rasional, dan logis
intuisi
Metode uji diri, Sulit dijustifikasi, dan Lebih rumit untuk mencari kebenarannya

B.Imu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah sekumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis, melalui metode ilmiah yang dapat di verifikasi dan dijadikan sebuah teori.


C.Filsafat
Filsafat dalam bahasa Inggris, yaitu philosophy, adapun istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia, yang terdiri atas dua kata: philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan shopia (hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, inteligensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran. Maka, filosof adalah orang-orang yang mencintai kebijaksanaan.

Karakteristik berfikir filsafat :

• Universal (dapat dijangkau) bersifat menyeluruh: seseorang ilmuwan tidak akan pernah puas jika hanya mengenal ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri.
• Tidak terbatas ruang dan waktu
• Berfikir secara radikal (mendalam)
• Bersifat spekulatif (dugaan) baik sisi proses, analisis maupun pembuktiannya. Sehingga dapat dipisahkan mana yang logis atau tidak.
• Konsisten
• Merujuk pada sebab akibat
• sifat mendasar yaitu sifat yang tidak saja begitu percaya bahwa ilmu itu benar. Mengapa ilmu itu benar? Bagaimana proses penilaian berdasarkan kriteria tersebut dilakukan? Apakah kriteria itu sendiri benar? Lalu benar sendiri itu apa? Seperti sebuah pertanyaan yang melingkar yang harus dimulai dengan menentukan titik yang benar.


D.Kebenaran Ilmiah dan Kebenaran Agama
Kebenaran Ilmiah
Objek: empiris
Metode: ilmiah
Hasil: Eksak/pasti
Alat: indra
Kebenaran Agama
Objek: Keyakinan
Metode: Riyadah/uji diri
Hasil: Yakin
Alat: Dzauq/nuramil

E.Manfaat Mempelajari Filsafat Islam
Salah satu manfaat mempelajari Filsafat Islam adalah dapat menguatkan keyakinan kita agar tidak mudah keluar dari apa yang kita yakini (agama Islam) melalui pertanyaan-pertanyaan orang-orang dapat menyesatkan kita, dengan filsafat islam kita dapat meyakini sesuatu karena itu benar sesuai pemikiran-pemikiran yang rasional (dapat diterima akal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar