Sabtu, 20 November 2010

KHUSYU KEIMANAN


ﺑﺴﻡ ﺍﷲ ﺍﻠﺭﺣﻣﻥ ﺍﻠﺭﺣﻳﻢ

وحقيقة الخشوع هو الخشوع ايمان
Khusyu’ sejati adalah Khusyu’ keiimanan

ﺮﺠﺎﺀ ﻟﻛﻝ ﺍﻨﺴﺎﻥ ﻴﺮﻴﺪ ﺍﻟﺴﻌﺎﺪ ﺓ,ﻆﺎﻫﺮﺍ ﻭﺑﻄﻧﺎ. ﻤﻦ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻮﺻﻟﺔ ﺍﻟﺗﻰ ﺗﺼﻞ ﺍﻟﻴﻬﺎ ﺍﻟﺨﺷﻮﻉ. ﻻﻥ ﺍﻟﺨﺷﻮﻉ ﺸﻴﺊ ﺸﺪ ﺓ ﺍﻟﻌﺎﻠﻴﺔ ﺍﻟﻗﻴﻤﺔ ﻮﺰﺑﻴﻧﺔ ﺍﻟﺤﻴﺎ ﺓ. ﺍﻟﺧﺸﻮﻉ ﻴﻮﺠﺪ ﺑﻌﻤﻝ ﺴﺪﺓ ﻮﻗﻭﺓ .
Dambaan setiap insan yaitu merasakan kebahagiaan, baik lahir maupun batin. Suatu cara yang bisa mengantar kepadanya adalah sikap khusyu’. Karena khusyu’ merupakan sutu yang sangat tinggi nilainya dan hiasan dalam derap kehidupan. Khusyu’ diperoleh dengan kerja keras yang menguras banyak energi.

ﻜﻤﺎ ﻗﺎﻞ ﺼﺎﺤﺐ ﺍﻠﺤﺪﻴﻓﺔ ﺍﺑﻦ ﻴﻤﻥ: ﺍﻭﻝ ﻤﺎ ﻴﺰﻝ ﻤﻦ ﺍﻠﺪﻴﻦ ﺍﻠﺻﻼﺓ ﻜﻡ ﻤﻥ ﻤﺻﻟﻴﻥ ﻠﻴﺲ ﻟﻪ ﺧﻴﺮﻓﻴﻬﺎ ﻫﻢ ﻴﺪﺤﻠﻮﻥ ﺍﻟﻤﺴﺟﺪ ﻠﺟﻤﻌﺔ ﻟﻜﻥ ﻻﺗﺭﻴﺪ ﻷﺣﺪ ﻤﻧﻬﻡ ﺍﻟﺧﺷﻮﻉ. ﻜﻤﺎ ﻗﺎﻞ ﺍﷲ ﺗﻌﺎﻟﻰ: ﺍﻠﻡ ﻴﺋﻟﻦ ﻟﻠﺬﻴﻥ ﺁﻤﻧﻮﺍ ﺍﻦ ﺘﺧﺴﺢ ﻗﻟﻮﺑﻬﻡ ﻟﺬﻜﺮﺍﷲ. (سورة الحديد : 16)
Sebagaimana diucapkan oleh sahabat Hudzaifah bin Yaman. “Yang pertama kali hilang dari agama kalian adalah shalat. Berapa banyak orang mendirikan sholat namun tidak ada kebaikan di dalammnya. Begitu cepat mereka masuk mesjid untuk berjama’ah namun Engkau tidak melihat seorangpun diantara mereka yang khusyu’. Allah SWT telah berfirman tentang kusyu’ ini, “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk khusyu’ hati mereka mengingat Allah SWT dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka)?”. (QS. Al-Hadid:16)

ﻤﻌﻧﻰ ﺍﻟﺧﺷﻮﻉ ﻫﻭ: ﻤﻃﻤﺋﻧﺔ ﻮﺴﻜﻴﻧﺔ ﻭﻤﺧﺎﻓﺔ ﺍﻟﺤﺫ ﻭ ﻮﺍﻟﺗﻮﺿﻊ ﻭﺍﻟﺤﺎﺻﻞ: ﻴﺬﻭﻖ ﺍﻟﺧﻮﻒ ﺍﻟﻰ ﺍﷲ ﻭﻴﻨﺎﻆﺮﺍﻟﻰ ﺍﻤﺮﻩ ﻭﻴﻗﻭﻡ ﺍﻠﻗﻟﻮﺐ ﻋﻨﺩ ﺍﷲ ﺑﺎ ﻠﺨﺿﻭﻉ ﻭﺍﻟﺬﻠﻴﻞ ﺍﻟﺑﻴﺎﻦ ﺧﺷﻮﻉ ﻫﻭﺍﻟﺤﺐ ﻮﺍﻟﻤﻄﻴﻊ ﻴﺠﺮﺍﻟﺧﺿﻮﻉ ﺍﻠﻰﺍﻠﺤﻖ, ﻴﻌﻧﻰ ﻤﻗﺎﺑﻞ ﻮﻤﻄﻴﻊ ﻮﻫﺬﺓ ﻋﻼﻤﺔ ﺍﻟﺧﺷﻮﻉ.
Makna khusyu’, khusyu’ adalah ketentraman, ketenangan, perasaan takut, kesejahteraan dan tawadhu. Secara singkat adalah merasa takut kepada Allah SWT dan selalu memperhatikan segala yang diperintahkan-Nya. Juga berdiri hati dihadapan Allah SWT denga penuh ketundukkan dan perasaan hina. Yang jelas khusyu’ merupakan pengertian yang sejalan dengan pengagungan, cinta, kepatuhan, dan ketundukan.Khusyu’ mengharuskan sikap tunduk kepada kebenaran, yakni menerima dan tunduk patuh. Bahkan ini tanda dari kekhuysu’kan.

ﻭﺤﻗﻳﻗﺔ ﺍﻟﺨﺸﻮﻉ: ﻫﻲ ﺍﻟﺘﻰ ﺘﻄﻟﻊ ﻤﻥ ﻗﻟﺐ ﺧﺎﻟﺼﺔ ﻤﻣﻟﺅ ﻴﺎﻟﺣﺏ ﻮﺘﻌﻈﻴﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﷲ ﺗﻌﻟﻰ ﻫﻲ ﺍﻟﺨﺸﻮﻉ. ﺍﻴﻤﺎﻦ ﺍﻟﺬﻰ ﻴﺒﻴﻦ ﺍﺒﻦ ﺍﻟﻗﻴﻢ ﻴﻗﻝ ﻔﻰ ﻤﺴﺋﻟﺔ ﺍﻟﺧﺷﻮﻉ. ﺍﻴﻤﺎﻥ ﻟﺧﺷﻮﻉ ﺍﻟﻗﻟﺏ ﺍﷲ ﺑﺎﻟﺗﻌﻄﻡ ﻭﺗﻜﺑﻴﺭ ﻭﺍﻟﺤﺿﻭﻉ ﻭﺍﻜﻭﻑ ﻭﺍﻟﺤﻴﺎﺀ ﻋﻧﻪ
Jadi khusyu’ yang sejati adalah kusyu yang timbul dari hati yang suci bersih, penuh cinta, dan pengagungan terhadap Allah SWT. Itulah khusyu’ keimanan yang dijelaskan oleh Al-Imam Ibnul Qoyyim tentangnya. Khusyu’ keimanan merupakan kekhusyu’an hati terhadap Allah SWT dengan mengagungkan, membesarkan, tunduk, takut,dan merasa malu terhadap-Nya.

ﺩﺭﺟﺔ ﺍﻟﺨﺸﻮﻉ
ﺩﺭﺟﺔ ﺍﻟﺨﺸﻮﻉ. ﺍﻴﻤﺎﻦ ﻤﻄﻴﻊ ﻻﻤﺭﺍﷲ ﻴﺴﻴﺮﺡ ﻟﺤﻜﻢ ﻭﺗﻮﺿﻮﻉ ﻔﻰ ﻋﻄﻴﻡ ﺍﷲ ﻤﻄﻴﻊ ﻟﻼﻤﺮ, ﻫﻭﺍﻟﻤﻗﺑﻞ ﻮﺍﻟﻌﻤﻞ ﻭﻟﻤﻄﻴﻊ ﻠﻸﻤﺮﻩ.
Tingkat khusyu : Khusyu’ keimanan ini mempunyai beberapa derajat, yaitu; Tunduk kepada perintah, pasrah kepada hukum, dan merendah karena melihat kebesaran.

يجب أن تكون مملوكة من رأس المال للحصول على ﺍﻟﺨﺸﻮﻉ هو المعارف الله الحقيقية والعميقة مع موقف المحبه الحب ، الخوف والملك أمل.
Modal yang harus dimiliki untuk memperoleh khusyu’ adalah makrifat (pengetahuan) tentang Allah SWT yang benar dan mendalam yang melahirkan sikap mahabah(cinta), Khauf (takut) serta raja’(pengharapan).
KELAS/SEMESTER: B/l
JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar